Copyright © kontemporer
Design by Dzignine

Mengurangi Gugup

Gugup, musuh terbesar di depan umum.



Apa yang membuat kita Gugup ?


Beberapa hal yang membuatku gugup contohnya, takut salah, tidak yakin, ingin sempurna, tidak menguasai materi, memikirkan materi terus menerus.

Efek dari gugup sendiri, konsentrasi berkurang saat berada di depan umum, dan ujung-ujungnya melakukan kesalahan yang tidak diinginkan.

Saya sendiri sering mengalami hal ini. Badan saya gemetaran, pikiran saya kemana-mana, inginnya bermain jari tangan.

Kadang disaat panik seperti itu, sering bertanya sama teman yang sering maju, cara agar tidak gugup
Jawaban mereka bermacam-macam, kadang kocak, hehe
Ada yang bilang
"Lompat-lompat dulu sampai capek".
Ada juga yang bilang
"Anggap saja kamu yang paling hebat"

Jawaban mereka sedikit kocak. Tapi memang benar.

Beberapa tambahan dari saya

-Latihan teratur, buatlah alur senyaman mungkin.

-Jangan memikirkan yang tidak-tidak sebelum anda maju, seperti menambahkan sesuatu yang belum pernah   dipelajari.

-Lakukan seperti anda biasa latihan.

-Berusaha untuk menikmati, jika anda menyukai hal yang anda lakukan, cobalah menikmati.


Untuk pertama kali pasti melakukan kesalahan, dan itu biasa. Saya sendiri masih sering gugup jika tampil di depan umum.
Semoga tips diatas mampu mengurangi kegugupan yang di alami.



Post Lama






Post Terbaru