Copyright © kontemporer
Design by Dzignine

Cara menyelesaikan rubix cube ( Part One )

Sebenarnya saya dulu tidak tau apa nama mainannya...berhubung bikin kesel jadi ga suka...hahaha, setelah sekian lama baru tau kalo namanya itu rubix...gimana ga dongkol coba, digeser satu yang lain ke ubah ( anak-anak )...dulu mikirnya sekali jalan langsung jadi...ternyata ada tahapnya + rumusnya...akhirnya saya googling, ga tau apa nama metodenya akhirnya saya bisa...( malah sekarang anak kecil pada bisa semua, malu, haha )...

Langsung saja, saya menggunakan aplikasi Rubix cube, Versi 1.1 Peter Bone, bisa diubah-ubah dari 2x2, sampai 50x50...kalo mau download linknya


http://www.bestfreewaredownload.com/a-peter-bone-14391-freeware.html

ini nih penampakannya, saya pakai paint, maaf kalo jelek, hehe




Setelah di jumble jadi kayak gini



Untuk tahap pertama, susun dulu 1 sisi...seringnya saya pakai putih...jadi disini saya juga pakai putih...nah, untuk memindah putih di depan ke atas,



yang putih ditengah digeser ke samping kiri / kanan, di contoh saya pakai kanan, pada tahap menyusun 1 sisi ini intinya menggeser tanpa mengubah yang lain...

Logikanya kalau mau menggeser 1 kotak, yang kira2 kena imbasnya kamu pindah ke atas bawah atau manalah, asal bisa balik lagi setelah 1 kotak itu dipindah...seperti contoh dipindah ke kanan, trus dibalikin

yang atas tengah digeser ke bawah...
trus, yang digeser ke kanan tadi dibalikin...

jadinya kayak gini

tada...trus tentukan posisi putih dimana...untuk contoh saya pakai atas biar bisa dilihat
jadinya begini

Setelah itu kamu susun kotak putihnya, ubah orientasinya, sampai terbentuk seperti ini

Tahap II
Untuk tahap dua adalah menyusun 1 kotak dibawah sisi putih menjadi seragam...

kan ga seragam

 
Nah, kebetulan yang Pink yang enak dibuat, soalnya cuma kurang 1...kan Pink kuning Pink

Untuk memindah pink yang ada disebelah kiri ke kanan caranya


Yang mau dipindah digeser ke bawah, trus


Kotak yang mau dipindah diamankan ke kiri atau kanan, disini saya pakai kiri


Jadinya seperti diatas, trus yang sebelumnya digeser kebawah dikembalikan ke atas

Nah sekarang tinggal mengganti kotak kuning dengan yang pink...pertama yang pink digeser dulu ke samping trus yang kuning digeser ke bawah


Jadinya begini
Setelah itu yang kuning ditukar sama pink, trus dikembalikan ke atas deh

setelah itu gunakan cara yang sama sampai jadi seperti ini
segitu dulu, masih ada 2 tahap lagi...soalnya komputer mau dipakai yang punya, hahahaha

Post Lama






Post Terbaru