Copyright © kontemporer
Design by Dzignine

Tips Untuk Beli Gitar

Saya ingin berbagi tips membeli gitar.

Untuk memilih gitar yang baik memang perlu sedikit kesabaran, kecuali anda memiliki budget berlebih.



Nah, tapi untuk menghindari memilih gitar yang tidak diinginkan ada beberapa tips :



                                                                                                                                                Ibanez JEM




1. Pilih gitar yang enak di pegang. Kenyamanan cukup berpengaruh, ukuran harus pas.

2. Pilih berdasarkan merk, kalau mau yang berkarakter keras suaranya umumnya merk PRS, ESP, Schecter, Ibanez ( PU Humbucker ). Kalau mau yang berkarakter rock'n roll, blues, jazz umumnya Fender, Gibson, Parker ( PU Single Coil ). Tapi itu secara umum, ada juga yang di custom. Ini hanya sebagai penilaian awal, nanti kembali ke spesifikasi gitar itu lagi.

3. Pilih Kayu gitar yang bagus. Alder, basswood, mahogany, maple & rosewood. Itu kualitas standar & bagus untuk gitar. Agathis suaranya kurang bagus ( Menurut saya ). Dan dengar-dengar biar sudah diganti pick up suaranya ga berubah banyak.
Untuk mendapatkan kayu yang asli, bisa mencari ke toko musik yang dipercaya. Untuk fingerboard. Pakai yang rosewood atau maple, rosewood akan menghasilkan sound yang lebih warm dan maple menghasilkan sound yang lebih bright.

4. Dicoba, mintalah mencoba gitar tersebut menggunakan ampli terbagus di toko musik tersebut. Semakin bagus kualitas amplinya semakin bisa ketahuan apakah kualitas kayu gitar itu bagus atau tidak.
Bisa jadi anda saat beli suaranya masih enak didengar, tapi saat anda terpilih untuk tampil di konser konser menggunakan ampli yang berkualitas. Suaranya berubah drastis.


Sound itu juga sangat berpengaruh. Jadi Ampli yang mumpuni juga diperlukan


Sekian, semoga bermanfaat :)
 

                                   Ibanez E Gen

Post Lama






Post Terbaru